Menu

hahihu

Jual Telur ayam Onlie

Telur ayam

Berdasarkan nama, telur ayam kampung atau ayam bukan ras berasal dari ayam yang berkembang biak dan tumbuh secara liar. Jenis ayam ini mengonsumsi makanan dari alam seperti bijian, serangga dan ulat. Sementara, ayam negeri atau leghorn atau horn atau ayam ras adalah hasil perkembang biakan dari peternakan dan diberi pakan yang sudah diberi vitamin dan nutrisi lain.
Telur ayam kampung mempunyai berat sekitar 26,27 gram sampai 55,4 gram dengan ukuran lebih kecil dibandingkan telur ayam negeri. Karena telur ayam kampung jumlahnya tak banyak, biasanya harganya pun jauh lebih mahal dari ayam negeri.
Untuk warna cangkangnya, telur ayam kampung mempunyai warna cenderung lebih putih dengan sentuhan warna kren. Telur ayam negeri mempunyai ukuran besar dengan tekstur cangkang yang relatif kasar dan berwarna cokelat gelap.
Perbedaan pakan dari kedua ayam tersebut ternyata punya andil dalam kandungan nutrisi dalam kandungan telur yang dihasilkan. Kandungan protein pada telur ayam kampung jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan protein pada ayam negeri. Bukan hanya protein, tapi juga kandungan vitamin A pada telur ayam kampung juga lebih tinggi dibandingkan telur ayam negeri.
 
Top